Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Agar Tetap Ngebut

Di jaman seperti sekarang ini semakin banyak kita disuguhkan dengan berbagai macam aplikasi yang mungkin dari segi fungsinya akan banyak kesamaan. Tapi kebanyakan dari kita sebagai pengguna smartphone kurang menyadari bahwa kita memang menggunakan atau memasang aplikasi aplikasi yang fungsinya sama. Sebagia pengguna smartphone yang smart kita harus smart untuk memilih aplikasi mana saja yang kita perlukan demi menunjang kinerja perangkat handphone kita.Tidak dapat kita pungkiri bahwa smartphone adalah perangkat yang sangat vital untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari. Kali ini Andromedia22 akan berbagi tips tentang cara untuk menunjang kinerja perangkat android kita agar tetap berjalan lancer.

5 Aplikasi yang Wajib di Uninstall Supaya Smartphone Tetap Ngebut

5 Aplikasi di bawah ini adalah aplikasi yang wajib kamu Uninstall karena selain fungsinya sama juga akan banyak mengambil ruang penyimpanan dan juga mempengaruhi kinerja daya baterai smatrphone kamu.Lebih baik kamu segera bersihkan sekarang. Berikut 5 aplikasi yang wajib kamu uninstall :

 1.  Facebook
Aplikasi yang harus diuninstall1

Bagi kamu yang tidak pernah lepas dengan jejaring sosial yang satu ini,mungkin kamu menggunakan aplikasi ini secara terus–menerus tanpa berfikir dan menyadari bahwa aplikasi ini akan memakan banyak ruang dipenyimpanan internal,bahkan juga akan dengan cepat menghabiskan daya baterai kamu. Selain itu,aplikasi Facebook juga akan banyak menguras kuota internet kamu.Sebagai alternative Andromedia22 lebih menyarankan kamu untuk menggunakan browser Google Chrome atau browser kesayanganmu yang lain untuk mengakses facebook,mungkin tampilanya tidak secanggih saat kita menggunakan aplikasi facebook namun menurut saya fungsinya juga tidak akan jauh beda.Bagi kamu yang menggunakan google chrome kamu bisa baca  Cara Menghemat Kuota Internet Dengan Google Chrome agar lebih efektif.

2.  Clean Master dan Aplikasi Sejenisnya
Aplikasi yang harus diuninstall2

Aplikasi pembersih cache atau data sampah yang menumpuk seperti Clean Master dan aplikasi sejenisnya dapat meningkatkan kinerja smartphone. Namun kamu tidak menyadari bahwa aplikasi jenis ini akan banyak memakan ruang penyimpanan internal dan menghabiskan daya baterai.Belum lagi banyaknya tampilan iklan dalam aplikasi ini yang akan berpotensi menghabiskan kuota data internet yang kamu miliki.
Sebenarnya kamu tidak membutuhkan aplikasi jenis ini,karena OS android itu sendiri sudah menyediakan fitur pembersih. Kamu hanya perlu buka Pengaturan > Storage > Clear Cache. Untuk menghapus cache secara individual kamu bisa ke Pengaturan > Aplikasi > Download. Kemudian lihat aplikasi-aplikasi mana saja yang banyak menghabiskan data,pilih salah satu aplikasi dan klik Clear Cache.

3.  Hapus Aplikasi Antivirus
Aplikasi yang harus diuninstall3

Google membuat OS Android ini memiliki system yang cukup aman,jadi kamu tidak perlu khawatir kalau aplikasi-aplikasi yang kamu gunakan akan terkena virus. Sejatinya kamu tidak benar-benar memerlukan aplikasi antivirus. Untuk melindungi smartphone kamu dari virus, Android Device Manager pun sudah cukup,kita tidak memerlukan aplikasi tambahan lagi. Usahakan kamu selalu memasang aplikasi-aplikasi yang berasal dari Google Playstore,entah itu berbagi dengan teman atau download langsung melalui Google Playstore karena Google Playstore mempunyai system yang cukup canggih untuk mendeteksi masuknya malware. Jadi bisa dipastikan bahwa aplikasi yang berasak dari Google Playstore aman.

4.  Aplikasi Penghemat Baterai
Aplikasi yang harus diuninstall4

Di Google Playstore sampai ke situs-situs  jejaring sosial banyak menawarkan berbagai jenis aplikasi penghemat baterai. Apakah perlu kita memasang aplikasi penghemat baterai?.Sekali lagi, OS Android selain mempunyai fitur Clear Cache juga memiliki fitur penghemat baterai bawaan, jadi sudah jelas bahwa kamu tidak membutuhkan aplikasi penghemat baterai. Untuk mengaktifkan fitur penghemat baterai atau Battery Saver  ini kamu tinggal pergi ke Pengaturan. Kemudian kamu tinggal memilih aplikasi mana saja yang mengkonsumsi daya tingggi, jika kamu rasa tidak dibutuhkan hapus saja. Intinya semakin sedikit aplikasi yang memiliki fungsi yang sama maka kinerja dan daya tahan baterai smartphone kamu akan jauh lebih baik.

5.  Browser Bawaan
Aplikasi yang harus diuninstall5

Beberapa produsen smartphone Android,sudah pasti melengkapi androidnya dengan aplikasi browser bawaan yang memiliki fitur-fitur lengkap,namun ada juga yang seadanya.Apakah sering kamu gunakan..? Apakah sudah sesuai dengan apa yang kamu butuhkan..? Jika memang dirasa tidak digunakan,non-aktifkan saja. Sesuai yang Andromedia22 sarankan, kamu bisa menggunakan browser yang lebih aman dan nyaman seperti Google Chrome. Bisa juga Firefox atau Opera Mini. Browser bawaan biasanya tidak dapat di-uninstall namun bisa kita non-aktifkan melalui Pengaturan > Aplikasi > pilih browser bawaan kemudian non-aktifkan.

Kesimpulan
Kamu juga harus mempertimbangkan menghapus aplikasi atau game yang jarang kamu mainkan. Bagaimana pun sedikit atau banyak, mereka mengkonsumsi data internet dan daya baterai. Jangan gunakan aplikasi dengan fungsi yang sama, pilih saja satu yang paling kamu sukai.
Demikian semoga bermanfaat…
Jika ada yang kurang,silahkan tuangkan di komentar.

0 Response to "Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Agar Tetap Ngebut"

Posting Komentar